Selasa, 19 Desember 2017

Kalau Jodoh Pasti.......

Courtesy : tawa.fun


Jodoh pasti bertemu.... Lhaaa kok malah nyanyi ya jadinya. Halo apa kabar reader? Sebenarnya udah beberapa lama pingin nulis hal yang ada dalam pikiranku, cuma gak nemu-nemu waktu yang tepat. Atau kadang-kadang ketemu waktu yang tepat tapi lupa mau nulis apaan wkwkwk. Jadi sekarang aku mau ngebahas masalah jodoh ni, apalagi kalo buat aku pribadi udah masuk ke umur 20 lah sekarang, dan di sekelilingku udah banyak yang ngomongin masalah jodohlah dan sejenisnya. Bahkan mamaku sendiri aja udah suka ngomongin calon istri -_- Padahal mah rasanya masih jauh ya, lulus kuliah aja belum, punya pacar juga belum *eh. Dan jujur aja pada postingan kali ini aku bener-bener usaha ngelakuin riset biar aku gak salah tulis wkwkwk karena ini ada sedikit bawa-bawa ilmu agama yang mana dengan kondisi Indonesia kayak sekarang kalo ada salah ini kepala bisa hilang kayaknya hahaha.

Jujur aja, kan di postingan sebelumnya aku udah dapet cerita ni kalo aku deket sama cewek dan karena aku tau diri, jadinya berakhir dengan aku memilih mundur dari deketin cewek itu, meskipun sebenernya mah masih ngarep ya hahahaha. Kalo mau tau alasannya ya baca aja postingan sebelumnya hehehe. Dan kalau dibully sama temen-temen masalah hal itu, aku selalu jawab kalo jodoh gak bakalan kemana-mana. Padahal sambil jawab kayak gini aku sendiri mikir juga, apa beneran kalo jodoh itu gak bakalan kemana-mana? Bukannya aku gak percaya takdir ni, cuma setauku takdir itu ada 2 jenis, yaitu yang mutlak dan yang bisa dirubah, nah jodoh ini masuk ke yang mana ya sebenernya? Dari sini aku mulai baca-baca artikel dan nanya-nanya ke orang yang aku anggap ngerti. Terus apa yang aku dapetin? Yaudah yuk lanjut baca aja.

Hmmm... Ok, jadi kita mulai aja dulu secara umum ya pembahasannya. Menurut kalian semua apa sih jodoh itu? Kalau menurut aku pribadi sih ya, jodoh itu adalah satu bagian dari misteri dan permainan takdir yang gak bakal bisa kita ketahui sebagai manusia, bahkan jujur aja kalau ngebuka pemikiran dengan luas apa udah bisa kita bilang kalau orang udah nikah berarti mereka berjodoh? Kalau iya, kenapa masih ada orang yang bercerai terus nikah lagi? Terus kayak gimana sih jodoh itu? 

Untuk pertanyaan yang terakhir itu bakal ada banyak versi jawabannya, buat yang kaum *ehem* jomblo lapuk, kalau ditanyain jodoh itu kayak gimana mungkin pasti bakal nyebutin kriteria-kriteria idaman yang kayaknya cuma ada nanti aja di surga. Terus kalau kita tanya ke kaum yang otw ngelepas kejombloannya atau kaum yang udah berpasangan, mereka bakal mengidentikkan jodoh itu serupa dengan gebetan atau pasangannya, atau mungkin bakal dengan mantap bilang pasangannya sekarang jodohnya wkwkwk. Cuma ya sama kayak yang di atas tadi, tetep aja semuanya cuma misteri, gak bakal ada yang tau.

Seperti yang gue bilang sebelumnya, jodoh itu adalah 'bagian dari misteri dan permainan takdir,' dan dari hasil riset yang gue lakuin dan hasil konsultasi sama Mas Galang (Ustadz gaul andalan ni, follow ignya ges @galankkenzhana ). Dan ternyata pengetahuanku sebelumnya kalau takdir ini ada 2 jenis bener, pertama takdir yang mutlak dan tertulis dalam buku takdir dan yang kedua adalah takdir yang masih bisa kita rubah dengan usaha dan doa. 

Balik lagi ke pertanyaan yang tadi, jodoh masuk ke yang mana?

Jodoh itu masuk ke keduanya ._. Bingung kan? Sama aku juga bingung wkwkwk. Jadi gini ni, jodoh kita itu memang udah tertulis di buku takdir, tapi dalam buku takdir itu sendiri juga terdiri dari berbagai percabangan yang mana usaha dan doa kita itu yang bakal nentuin kita ngelewatin cabang yang mana. Satu-satunya yang pasti di buku takdir itu cuma START, dimana ini awal kita hidup, dan selanjutnya END dimana ini saat kita meninggal. Sehingga jodoh itu memang tertulis di buku takdir, tapi dengan percabangan yang berbeda kita juga akan menemukan orang yang berbeda gitu lo. Ngerti gak? Pokoknya ngerti gak ngerti kalian harus ngerti, udah tak lanjutin aja.

Terus, apa jodoh itu selalu orang yang kita cinta?

Hmmmm... Gimana ya, coba aku kasih contoh deh gini ya. Jadi anggap ni kamu pacaran udah lama ya, terus karena satu atau beberapa hal, lama kelamaan cintamu berpindah ke orang lain. Tapi karena pikiran 'gak enak, sama yang ini udah lama banget.' Kamu tetep ngelanjutin hubungan kamu sama pacarmu yang sekarang biarpun udah gak ngerasain apa-apa. Terus karena semakin lama dan udah terlanjur kenal keluarga masing-masing, kamu milih untuk nikah sama dia biarpun kamu gak punya rasa sama dia, terus kamu juga gak memilih untuk cerai sama dia dan bersama dengan orang yang sebenarnya kamu sayang. Terus sampai mati kamu sama pasanganmu yang sebenarnya gak kamu cinta, lhaaa berarti jodohmu pasanganmu ini kan? Bukan orang yang kamu cinta? Meskipun gak menutup kemungkinan kalau nanti rasa yang dulu hilang bisa tumbuh lagi wkwkwk.

Jadi menurutku jangan percaya sama kata-kata pujangga ataupun penyanyi masalah jodoh. Apalagi kata-kata jodoh gak bakalan kemana-kemana yang digunakan untuk hubungan percintaanmu yang gak ada kepastiannya wkwkwk. Jujur setelah menyelami pemikiran mendalam masalah jodoh ini, menurutku cuma ada satu hal yang pasti dari Jodoh, Jodoh Pasti Bertemu.... Yaps, kita akan selalu bertemu jodoh kita, mungkin kita gak sadar setiap hari berpapasan dengan orang yang dalam buku takdir berpotensi menjadi jodoh kita, tapi ya apa artinya jika kita tidak bergerak untuk mendekati orang itu atau mungkin tidak memilih untuk mengenal orang itu.

Balik lagi ke problemku, meskipun udah dapetin conclusion kayak gitu dan udah paham sama kondisiku, aku masih terlalu takut untuk bilang aku sama dia gak berjodoh. Faktor masih ngarep mungkin ya hahahaha. Yang jelas, gak bakal kejadian namanya aku berjodoh sama dia kalau aku masih dalam pemikiran yang sekarang dan gak ngerjain apa-apa wkwkwk.

Satu hal yang pasti mengenai jodoh sudah jelas banget kalo di Islam ni ya, dalam Al Quran disebutin bahwa :

"Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik." (QS An-Nur:26)

Terus kenapa ada cowok gak bener dapet cewek alim banget atau sebaliknya?

Tau deh ahhh nanya mulu dah, udah capek ni nulis. Coba aja tanya ke ustadz-ustadz terdekat dah siapa tau dapet jawabannya wkwkwk. Yang pasti jadikan aja hal itu sebagai acuan agar kita selalu memperbaiki diri, jadi kita bisa mendapatkan jodoh sebaik yang kita pinginin, atau mungkin karena ngeliat usaha dan doa kita Tuhan kasih bonus yang lebih baik gitu. Aamiin aja dah wkwkwk.

Ok reader, mungkin sekian aja yang bisa aku bahas kali ini, mungkin kalo ada yang mau diskusi atau curhat atau bagi-bagi cerita tentang jodoh bisa hubungin aja lewat akun socmedku yang sudah ada di tab "Follow Me" di atas ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya teman-teman.

Sumber : Perenungan sendiri, Ustadz Galang, dan Islamedia


Related Post:

Widget by [ Iptek-4u ]

Judul: Kalau Jodoh Pasti.......; Ditulis oleh anginsepoi; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar